Text
Kombinasi antara perbedaan durasi bermain dan jenis ON-G terhadap kemampuan membaca cepat dan menyelesaikan masalah menggunakan desain acak kelompok
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi antara perbedaan faktor durasi bermain dan faktor jenis On-G terhadap kemampuan membaca cepat (speed reading) dan menyelesaikan masalah (problem solving) menggunakan Desain Eksperimen yakni metode Desain Acak Kelompok (DAK) dengan faktor umur pemain sebagai pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara perbedaan durasi bermain dan jenis On-G tidak berpengaruh nyata terhadap kemampuan membaca cepat maupun menyelesaikan masalah, namun perbedaan faktor tunggal jenis On-G berpengaruh nyata terhadap kemampuan menyelesaikan masalah, demikian juga faktor durasi bermain dan jenis On-G berpengaruh secara nyata oleh masing-masing faktor tunggal terhadap kemampuan membaca cepat. On-G jenis simulasi merupakan jenis On-G yang paling baik dalam mempengaruhi kemampuan menyelesaikan masalah dan juga membaca cepat, sedangkan durasi bermain On-G kurang dari 2 jam (< 2 jam) adalah durasi yang paling baik dalam mempengaruhi kemampuan menyelesaikan masalah dan membaca cepat.
No copy data
No other version available