The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Konsepsi siswa tentang soal-soal pemecahan masalah di SMA Yayasan Pendidikan Islam Tunas Bangsa Palembang

Text

Konsepsi siswa tentang soal-soal pemecahan masalah di SMA Yayasan Pendidikan Islam Tunas Bangsa Palembang

RINA ANGGRAINI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan konsepsi siswa SMA YPI Tunas Bangsa tentang soal-soal
pemecahan masalah, yaitu meliputi konsepsi siswa mengenai karakteristik soal
pemecahan masalah dan langkah-langkah serta strategi yang digunakan siswa
dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Subjek penelitian ini adalah enam orang
siswa kelas XI IPA 1 SMA YPI Tunas Bangsa Palembang yang ditentukan
melalui teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Instrumen penelitian ini
adalah tes uraian yang berjumlah 5 soal dan pedoman wawancara. Teknik analisis
data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Konsepsi siswa
tentang karakteristik soal pemecahan masalah yaitu soal pemecahan masalah
merupakan soal yang jarang ditemui atau tidak rutin dan membutuhkan
perhitungan, (2) Konsepsi siswa tentang langkah-langkah penyelesaian soal yaitu :
Siswa akan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal hanya
pada soal tertentu, yaitu soal yang mereka yakin bisa diselesaikan dan jawabannya
benar; Siswa bisa melaksanakan langkah kedua pemecahan masalah yaitu
menyusun rencana penyelesaian masalah; Siswa bisa melaksanakan langkah
ketiga pemecahan masalah yaitu melaksanakan rencana penyelesaian masalah;
Siswa memeriksa kembali hasil jawabannya pada soal-soal yang mereka bisa
selesaikan, (3) Konsepsi siswa tentang strategi penyelesaian soal pemecahan
masalah yaitu : Siswa mengetahui strategi pemecahan masalah yaitu strategi
membuat pola, membuat gambar, menebak dan memeriksa; Siswa tidak mencoba
cara lain atau strategi lain jika sudah merasa bingung dalam menentukan cara
penyelesaian dan cenderung untuk menjawab sesuai dengan logika; Siswa tidak
mencoba cara lain atau strategi lain jika bisa menyelesaikan soal dengan satu cara
dan sudah merasa yakin dengan jawabannya


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Rin k 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xii, 83 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Konsepsi siswa, Soal-soal Pemecahan Masalah Matema
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search