Text
Perilaku pasien dalam pemanfaatan kartu jamkesmas di bangsal penyakit dalam pada rumah sakit umum dr. Mohammad Hoesin Palembang
Penelitian ini berjudul “Perilaku Pasien Dalam Pemanfaatan Kartu Jamkesmas di Bangsal
Penyakit Dalam Pada Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang”, yang mengkaji
permasalahan mengenai perilaku pasien dalam memanfaatkan program jamkesmas serta sejauh mana
pasien jamkesmas ini diberikan pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin
Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pasien yang dirawat di
Bangsal Penyakit Dalam dapat memanfaatkan fasilitas program kartu jamkesmas yang ada di Rumah
Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang
bersifat deskriptif dengan unit analisisnya adalah individu di dalam lembaga yaitu tenaga medis
(dokter, perawat ), serta pasien yang mendapatkan kartu jamkesmas di Bangsal Penyakit Dalam pada
Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Proses analisis data melalui 3 tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Jamkesmas belum
terlaksana dengan baik sesuai ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia diamanatkan
bahwa kesehatan merupakan salah satu aspek dari hak asasi manusia sebagaimana tercantum dalam
pasal 28 H ayat (1) : “setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan
mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat dan berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Hal
ini terlihat dari perilaku yang muncul atas pelayanan Jamkesmas yang terjadi selama ini bahkan
sering dimuat di berbagai media baik elektronik maupun cetak. Demikian juga halnya berdasarkan
hasil penelitian penulis di Bangsal Penyakit Dalam masih ditemukan ketidakpuasan pasien atas
pelayanan Jamkesmas ini, sehingga memunculkan perilaku-perilaku yang tidak sesuai dan
diharapkan dalam pelaksanaan penyelenggaraan program Jamkesmas. Melalui penelitian ini peneliti
berharap dapat meminimalisir perilaku-perilaku yang muncul tadi sehingga pelaksanaan Jamkesmas
khususnya di Bangsal Penyakit Dalam dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan standar mutu
pelayanan kesehatan dan misi program Jamkesmas itu sendiri.
No copy data
No other version available