Text
Penggunaan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan internet sebagai sumber
belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Palembang. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan variabel penggunaan internet sebagai
sumber belajar. Sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang peserta didik kelas IX
SMP Negeri 1 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penggunaan internet sebagai sumber belajar berdasarkan penggunaan laptop
dengan kriteria sangat baik persentase sebesar 88,25%, pengetahuan tentang
internet dengan kriteria baik persentase 78%, ketersediaan jaringan internet
dengan kategori cukup persentase 55%, mengoperasikan internet dengan kriteria
baik persentase 80,87%, dan kendala menggunakan internet dengan kategori
cukup persentase 57%. Nilai rata- rata penggunaan internet sebagai sumber belajar
sudah baik dengan persentase 71,8%. Kendala yang dialami peserta didik dalam
menggunakan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS adalah
sinyal wifi yang kurang baik dan tidak semua peserta didik memiliki modem
untuk mengakses internet. Penelitian ini memiliki kelemahan yaitu dibandingkan
dengan data hasil observasi, data hasil angket kurang mampu menangkap aspekaspek yang berkaitan dengan penggunaan internet sebagai sumber belajar.
Berdasarkan simpulan maka dapat diajukan beberapa saran yaitu hendaknya pihak
sekolah memperbaiki keadaan jaringan wi-fi sehingga seluruh peserta didik di
SMP Negeri 1 Palembang dapat menikmati fasilitas tersebut sehingga tujuan dari
penggunaan internet sebagai sumber belajar dapat tercapai. Disarankan bagi
peneliti selanjutnya agar memperhatikan hambatan dalam penelitian ini yaitu
ketika hasil angket yang kurang mampu menangkap aspek-aspek yang berkaitan
dengan penggunaan internet sebagai sumber belajar.
No copy data
No other version available