Text
Pengaruh model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ARIAS
berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10
Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen
research) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian
berjumlah 80 orang siswa dengan rincian 40 orang siswa kelas VII.1 (kelompok
eksperimen) mendapat pembelajaran menulis cerpen dengan model ARIAS dan 40
orang siswa kelas VII.3 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran menulis cerpen
dengan model konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan
kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang yang diajar
menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan model konvensional. Teknik
pengumpulan data adalah tes menulis cerpen, teknik analisis data adalah teknik
statistik uji-t dengan menggunakan program computer SPSS 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan siswa yang diajar menggunakan
model konvensional. Nilai rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol dari pengujian
uji-t menunjukkan thitung > ttabel atau 5,535 > 1,991 dengan df= 78 pada tingkat
signifikansi 95% (a=0,025). Hal ini menunjukkan model pembelajaran ARIAS lebih
berpengaruh dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis
cerpen.
No copy data
No other version available