The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang

Text

Pengaruh model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang

Fenny Mustika Sari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ARIAS
berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10
Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen
research) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian
berjumlah 80 orang siswa dengan rincian 40 orang siswa kelas VII.1 (kelompok
eksperimen) mendapat pembelajaran menulis cerpen dengan model ARIAS dan 40
orang siswa kelas VII.3 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran menulis cerpen
dengan model konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan
kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang yang diajar
menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan model konvensional. Teknik
pengumpulan data adalah tes menulis cerpen, teknik analisis data adalah teknik
statistik uji-t dengan menggunakan program computer SPSS 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan siswa yang diajar menggunakan
model konvensional. Nilai rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol dari pengujian
uji-t menunjukkan thitung > ttabel atau 5,535 > 1,991 dengan df= 78 pada tingkat
signifikansi 95% (a=0,025). Hal ini menunjukkan model pembelajaran ARIAS lebih
berpengaruh dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis
cerpen.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Fen p 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xiii, 68 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Model pembelajaran ARIAS, pembelajaran menulis cer
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search