Text
Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan variabel kemampuan berpikir kritis
siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA
Negeri 1 Tanjung Batu yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara. Observasi
dilakukan untuk mengetahui aktifitas siswa pada pembelajaran ekonomi, tes
dilakukan untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam memberikan contoh,
menyimpulkan serta memberi solusi dari materi APBN dan APBD, dan
wawancara dilakukan sebagai teknik pendukung. Hasil penelitian dari observasi
menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan
keaktifan/memberi argumen dengan kriteria cukup baik dengan persentase
52,08%. Terlihat dalam kemampuan berpikir kritis siswa sudah cukup aktif tapi
untuk indikator strategi dan taktik masih kurang baik karena siswa kurang dalam
berinteraksi dengan teman yang lain. Sedangkan untuk hasil tes terkreteria cukup
baik dengan nilai akhir 66. Adapun saran dari penelitian ini hendaknya siswa
mampu berinteraksi atau berdiskusi dengan teman yang lain agar siswa dapat
mengembangkan potensi yang ada sehingga apa yang dipelajari bermanfaat bagi
mereka dan sekitarnya
No copy data
No other version available