Text
Analisis teknis jadwal pemenuhan market brand bukit asam – 55 di PT Bukit Asam (PERSERO) Tbk Tanjung Enim Sumatera Selatan
PT Bukit Asam (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang bergerak
dibidang industri pertambangan batubara. Batubara yang dimiliki PT Bukit Asam
(Persero) Tbk Tanjung Enim Sumatera Selatan memiliki kualitas yang beragam.
Dengan beragamnya kualitas tersebut, PT Bukit Asam (Persero) Tbk menetapkan
merk brand (produk) batubara dan spesifikasinya.
Pada awal bulan Juli 2015 dibutuhkan market brand Bukit Asam – 55
sebanyak 430.000 ton dengan batas waktu sampai 23 Juli 2015. Mine brand AL –
55 memiliki spesifikasi yang sama dengan market brand Bukit Asam – 55.
Namun rencana penambangan pada bulan Juli 2015 hanya menghasilkan 280.000
ton AL – 55, sehingga masih dibutuhkan 150.000 ton AL – 55. Upaya untuk
mengatasi kekurangan tersebut adalah dengan melakukan pencampuran batubara,
sehingga jadwal pemenuhan permintaan konsumen harus memperhitungkan
waktu yang diperlukan untuk pencampuran batubara agar batubara sampai ke
konsumen tidak melewati dari jadwal yang telah ditentukan, selain itu juga perlu
diketahui jenis batubara, proporsi dan tonase tiap batubara yang akan digunakan,
agar didapatkan spesifikasi batubara hasil pencampuran yang sesuai atau
mendekati permintaan konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pemrograman
matematika yaitu program linier berupa metode simpleks. Data primer yang
digunakan berupa cycletime dari alat gali-muat dan alat angkut dan data sekunder
berupa data kualitas mine brand dan market brand, rencana pemasaran dan
rencana produksi yang dimiliki perusahaan.
Berdasarkan data-data yang ada, diperoleh tiga alternatif pencampuran
batubara yang disarankan, yakni alternatif pertama dengan proporsi 54,51% AL –
52 dan 45,49% AL – 58, alternatif kedua 70,43% AL – 52 dan 29,57% AL – 61
dan untuk alternatif ketiga 59,09% AL – 52 dan 32,39% AL – 58 serta 8,52% AL
– 61. Waktu yang diperlukan untuk pencampuran batubara untuk masing-masing
alternatif setelah dilakukan perbaikan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi
produktivitas alat pada saat pelaksanaan pencampuran batubara adalah 7 hari.
Waktu tersebut dianggap sebagai waktu yang paling ideal dalam melakukan
pencampuran batubara. Berdasarkan waktu tersebut, maka jadwal pemenuhan
viii Universitas Sriwijaya
permintaan terhadap market brand Bukit Asam – 55 untuk tiap alternatif dapat
dipenuhi pada hari ke 7 dari pelaksanaan pencampuran batubara, sehingga ketiga
alternatif rencana pencampuran batubara dapat dilakukan
No copy data
No other version available