Text
Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media video terhadap percaya diri siswa kelas XI IPA DI SMA Negeri 9 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media video untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang dengan kategori percaya diri yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala percaya diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test, melakukan perlakuan bimbingan kelompok dengan media video pada kelompok eksperimen dan bimbingan kelompok tanpa video pada kelompok kontrol, dan post test. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan uji Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian di SMA Negeri 9 Palembang menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Z hitung Masing-masing kelompok lebih besar dari Z tabel Zh = 2,803 > Zt tabel = 1,645 (eksperimen) dan Zh = 2,701> Zt= 1,645 (kontrol). Hasil perbandingan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan uji Wilcoxon Match Pairs diperoleh Z h=2,803 > Z t= 1,645 yang menunjukkan bahwa Ha diterima, artinya kelompok dengan video berpengaruh lebih tinggi dan lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok tanpa video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media video berpengaruh terhadap percaya diri siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Palembang.
No copy data
No other version available