Text
Pengembangan instrumen penilaian afektif materi pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam pada mata pelajaran biologi kelas X SMA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian afektif yang dapat
mengukur afektif siswa materi pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
mata pelajaran biologi kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model pengembangan 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design
(perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Tahap define
mencakup kegiatan studi literatur dan studi lapangan, tahap design mencakup
perumusan tujuan pembelajaran, dan desain instrumen penilaian. Tahap develop
mencakup kegiatan validasi pakar, revisi, uji coba kelompok kecil dan uji coba
produk, sedangkan tahap disseminate tidak dilaksanakan. Hasil pengembangan
berupa instrumen penilaian afektif yang mencakup kelima tingkatan afektif yang
terdiri dari 30 soal yang valid. Berdasarkan penilaian dari pakar, rata-rata total
validitas instrumen penilaian afektif yang dikembangkan yaitu sebesar 3,23. Nilai
tersebut termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan angket yang diujicobakan pada
guru dan 8 orang siswa, isntrumen penilian afektif tersebut dinyatakan praktis yaitu
sebesar 3,8 dan 3,83. Disimpulkan bahwa instrumen penilaian afektif yang
dikembangan sudah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga dapat
mengukur afektif siswa
No copy data
No other version available