Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan
kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan
desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
X.1 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik acak (random). Hasil belajar yang diperoleh dengan penerapan model
pembelajaran Discovery Learning dilihat dari nilai rata-rata gain sebesar 44,45
dengan n-gain 0,72 pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran Discovery Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa
sebesar 72% dari nilai maksimum yang diharapkan. Ketuntasan klasikal belajar siswa
yaitu sebesar 91,88%. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Discovery
Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X
SMA.
No copy data
No other version available