Text
Pengembangan modul kimia materi larutan penyangga menggunakan pendekatan stem PBL (science, technology, engineering and mathematic problem based learning) di kelas XI MIA I SMA Negeri 5 Palembang
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul kimia materi larutan penyangga dengan pendekatan STEM Problem Based Learning yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan di evaluasi dengan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Pada tahap expert review menggunakan ahli materi, ahli pedagogik dan ahli desain. Tahap one-to-one dilakukan di kelas XI IPA 1 SMAN 5 Palembang dan tahap small group dilakukan di kelas XI IPA 1 SMAN 5 Palembang. Hasil tahap expert review didapat skor akhir validasi materi 3,55 (sangat valid), validasi pedagogik 3,25 (sangat valid) dan validasi desain 4 (sangat valid) dengan skor rata-rata kevalidan sebesar 3,83. Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari ujicoba one-to-one sebesar 3,83 (sangat praktis) dan small group 3,67 (sangat praktis). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar larutan penyangga
No copy data
No other version available