Text
Pengembangan buku siswa materi jarak pada ruang dimensi tiga berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning di kelas X
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa materi jarak pada ruang
dimensi tiga berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics
(STEM) Problem-Based Learning yang valid dan praktis serta untuk mengetahui
efek potensial dari buku siswa tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kualitatif dengan metode Desain Research. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X
MIA 4 SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 44 orang. Tahapan penelitian
yang dilakukan meliputi tahap persiapan, tahap formative evaluation terdiri dari
self evaluation, pengembangan, dan field test. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah walktrough, dokumen, observasi, dan tes tertulis. Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh hasil buku siswa materi jarak pada ruang dimensi tiga
berbasis STEM Problem-Based Learning yang valid berdasarkan konten,
konstruk, dan bahasa s setelah melalui tahap pengembangan berupa expert review
dan one-to-one. Kepraktisan buku siswa dilihat pada tahap pengembangan small
group. Efek potensial dari buku siswa yang dikembangkan dilihat dari hasil tes
tertulis setelah proses pembelajaran, dari 41 orang siswa diperoleh sebanyak
siswa yang sudah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa buku siswa
berbasis STEM Problem-based Learning dapat digunakan dalam pembelajaran
jarak pada ruang dimensi tiga.
No copy data
No other version available