Text
Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model problem
based learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa di kelas
X SMA Negeri 1 Tanjung l Lubuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design.
Popoulasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk
dan sampel penelitian ini adalah kelas kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas
X.2 sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Proses
pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan di kelas kontrol diajarkan dengan model
pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk
soal pilihan ganda beralasan sebanyak 9 soal untuk mengukur keterampilan
menyimpulkan siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan
keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai
post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 76 dan rata-rata rata-rata nilai
post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Secara statistik dengan
perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung =
2,95 sedangkan ttabel = 1,99, terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil
percobaan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk
No copy data
No other version available