The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk

Text

Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk

KURNIA SAPUTRI - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model problem
based learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil percobaan siswa di kelas
X SMA Negeri 1 Tanjung l Lubuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design.
Popoulasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk
dan sampel penelitian ini adalah kelas kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas
X.2 sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Proses
pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan di kelas kontrol diajarkan dengan model
pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk
soal pilihan ganda beralasan sebanyak 9 soal untuk mengukur keterampilan
menyimpulkan siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan
keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai
post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 76 dan rata-rata rata-rata nilai
post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Secara statistik dengan
perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung =
2,95 sedangkan ttabel = 1,99, terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menyimpulkan hasil
percobaan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
Kur p 2015
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
xv, 45 hlm.:ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
model problem based learning, keterampilan menyimp
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search