Text
Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi akademik mahasiswa menggunakan metode chaid (studi kasus: Mahasiswa angkatan 2013 Fmipa Universitas Sriwijaya)
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan karakteristik prestasi
akademik mahasiswa angkatan 2013 FMIPA Universitas Sriwijaya; 2) mendapatkan
tingkat hubungan antar faktor-faktor dengan prestasi akademik; dan 3) mendapatkan
dendogram hasil klasifikasi prestasi akademik mahasiswa. Data yang dianalisis
adalah data sekunder dan data primer, yaitu sebanyak 177 sampel mahasiswa aktif
angkatan 2013 FMIPA Universitas Sriwijaya, yang terdaftar hingga semester genap
tahun akademik 2014/2015. Analisis data dilakukan dengan metode CHAID. Hasil
penelitian menunjukan bahwa persentase terbanyak prestasi akademik mahasiswa
berada pada IPK 2,75 - 3,50 yaitu sebanyak 59,9% yang didominasi oleh mahasiswa
dengan nomor pilihan jurusan pertama dan memiliki rata-rata nilai UN pada
5,57 - 7,29 dan dari empat belas faktor yang diamati ada delapan faktor yang
signifikan memiliki hubungan baik secara langsung atau tidak langsung dengan
prestasi akademik mahasiswa. Struktur hubungan antar faktor yang digambarkan
dengan dendogram, menunjukan bahwa faktor utama yang paling erat hubungannya
dengan prestasi akademik mahasiswa adalah Jenis Kelamin Mahasiswa. Diikuti
faktor-faktor lainnya mulai dari yang paling erat hubungannya hingga yang paling
lemah hubungannya yaitu Perolehan Beasiswa, Motivasi Belajar, Rata-Rata Nilai
Ujian Nasional, Metode Belajar, Pendidikan Terakhir Ayah, Nomor Pilihan Jurusan,
dan Status Tempat Tinggal. Odds ratio mahasiswa perempuan sebesar 3,63 terhadap
mahasiswa laki-laki. Artinya mahasiswa perempuan memiliki risiko 3,63 kali lebih
besar untuk memperoleh IPK > 3,50 dibandingkan mahasiswa laki-laki. Faktor yang
erat hubungannya dengan prestasi akademik mahasiswa laki-laki adalah faktor
perolehan beasiswa. Sedangkan, faktor yang paling erat hubungannya dengan prestasi
akademik mahasiswa perempuan adalah faktor motivasi belajar.
No copy data
No other version available