Text
Analisis pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2014/2015 di SMA Se-Kecamatan Indralaya
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran
2014/2015 di SMA se-Kecamatan Indralaya. Rumusan masalahnya adalah
bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2014/2015 di SMA se-Kecamatan
Indralaya ? Variabel dalam Penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Fokusnya adalah penggambaran secara menyeluruh mengenai pelaksanaan Model
Kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Ekonomi. Subjek
penelitian ini adalah guru ekonomi yang mengajar di Kelas X dan XI IPS di SMA
se-Kecamatan Indralaya. Metode pengumpulan data penelitian yaitu Observasi,
Wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa dari ketiga guru
ekonomi di SMA se-Kecamatan Indralaya data hasil dari Observai sudah sangat
baik dengan persentase 82,21%. Data hasil dari analisis wawancara dari ketiga
guru ekonomi di SMA se-Kecamatan Indralaya juga di kategorikan sangat baik
dengan persentase 93,33 %. Data hasil analisis dokumentasi dari ketiga guru
ekonomi di SMA Se-Kecamatan Indralaya juga dikategorikan sangat baik dengan
persentase 91,66 %. Agar proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi
dengan menerapkan group investigation dapat meningkatkan efektivitas belajar
peserta didik, maka sebelum pembelajaran dilaksanakan guru harus menguasai
dahulu teori model pembelajaran koperatif tipe group investigation
No copy data
No other version available