Text
Implementasi program sertifikasi pengawas sekolah (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu 2015)
Penelitian ini berjudul “ Implementasi Program Sertifikasi Pengawas Sekolah (Studi Pada Dinas pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu 2015)”. Skripsi ini membahas mengenai implementasi program sertifikasi pengawas sekolah, pada permasalahannya masih terdapat pengawas sekolah yang belum mendapat sertifikat pendidik maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran jelas tentang implementasi program sertifikasi pengawas sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu tahun 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari data primer melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan data sekunder melalui arsip, laporan buku dan sumber lainnya. Penelitian ini menggunakan teori George C Edward III, yang mengukur tingkat keberhasilan suatu implementasi kebijakan melalui empat dimensi yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Sertifikasi Pengawas Sekolah (Studi Pada Dinas pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu 2015) sudah berjalan cukup baik. Namun, belum maksimal karena masih ada beberapa kendala seperti pada dimensi sumberdaya. Meskipun demikian pada dimensi komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi sudah terlaksana sebagaimana mestinya. Dengan melihat hasil yang di dapat maka saran untuk pelaksana kebijakan harus meningkatkan lagi fasilitas dalam pelaksanaan program sertifikasi, memberikan pembinaan dan pelatihan kepada sumberdaya pengawas sekolah, melakukan perekrutan panitia sertifikasi secara kompeten dan memberikan anggaran yang diperlukan untuk implementasi program sertifikasi pengawas sekolah.
No copy data
No other version available