Text
Hubungan tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar penjasorkes siswa kelas VI di SD Negeri 27 Talang Kelapa
Penelitian ini berjudul Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani Dengan Prestasi
Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI SD Negeri 27 Talang Kelapa. Batasan masalah
yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang
berarti/signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar
penjasorkes siswa kelas VI di SD Negeri 27 Talang Kelapa. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa, untuk mengetahui prestasi
belajar penjasorkes siswa, untuk mengetahui nilai korelasi antara tingkat kesegaran
jasmani dengan prestasi belajar penjasorkes siswa dan untuk mengetahui taraf
hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar penjasorkes siswa.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri
27 Talang Kelapa yang berjumlah 102 siswa dan sampel dalam penelitian ini
berjumlah 100 orang atau keseluruhan dari siswa kelas 6. Penelitian ini menggunakan
metode non eksperimen dengan studi korelasi, data dikumpulkan dengan metode
teknik pustaka, tes dan pengukuran serta metode dokumentasi. Statistik yang
digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian hipotesis adalah dengan
menggunakan korelasi product moment. Penelitian ini menunjukan nilai korelasi
0,48155 dan r tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan n = 100 adalah 0,195 ini
menunjukan r hitung lebih besar dari pada r tabel yang artinya ada hubungan yang
signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar penjasorkes siswa
kelas VI SD Negeri 27 Talang Kelapa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada hubungan yang
signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan prestasi belajar penjasorkes siswa
kelas VI di SD Negeri 27 Talang Kelapa. Sehubungan dengan hal itu hendaknya
kegiatan fisik bisa menunjang dalam meningkatkan kesegaran jasmani untuk itu tetap
dipertahankan sebagai penunjang prestasi belajar pada tahun-tahun berikutnya.
No copy data
No other version available