Text
Pengaruh model Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SD Negeri 43 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model Sains Teknologi Masyarakat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD 43 Palembang tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 43 Palembang yang berjumlah 136 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel yang terpilih, yaitu kelas Va yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas Vb yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dan data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang didapat, nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran STM lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah (X2 = 76,23>X2 = 59,38). Setelah data tes dianalisis dengan uji-t diperoleh thitung = 4,85 dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel =1,68. Dari data tersebut terlihat bahwa 4,85 >1,68 yang berarti thitung>ttabel. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan model STM berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 43 Palembang
No copy data
No other version available