Text
Peningkatan kemampuan penalaran matematis, komunikasi matematis, dan kemandirian belajar mahasiswa calon guru matematika melalui blended learning dengan strategi probing-prompting
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis, kemampuan komunikasi matematis, dan kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning dengan strategi probing-prompting (BLPP). Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan model concurrent embedded (KUANTITATIF dan kualitatif). Penelitian dilaksanakan di salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera pada mahasiswa jalur masuk SBMPTN dan USM. Masing-masing jalur masuk dibagi menjadi dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran blended learning dengan strategi probing-prompting (BLPP) dan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan strategi probing-prompting (PP). Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan awal mahasiswa (KAM), tes kemampuan penalaran matematis (KPM), tes kemampuan komunikasi matematis (KKM), skala kemandirian belajar (KBM), dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji-t, uji-t’, uji U Mann-Whitney, Uji Kruskal-Wallis, dan ANOVA Satu Jalur. Penelitian kualitatif menggunakan grounded theory melalui tiga langkah yaitu open coding, selective coding, dan theoretical coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian dan peningkatan KPM, KKM, dan KBM yang melalui pembelajaran BLPP lebih baik daripada mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran PP; (2) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap pencapaian dan peningkatan KPM, KKM, dan KBM; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran dan jalur masuk PT terhadap pencapaian dan peningkatan KPM, KKM, dan KBM; (4) KKM KAM tinggi adalah baik, KKM KAM sedang adalah cukup baik, dan KKM KAM rendah adalah cukup baik; (5) Keunggulan implementasi BLPP adalah peran dosen hanya sebagai fasilitator, perkuliahan menjadi lebih menarik sehingga KPM, KKM, dan KBM menjadi lebih baik, menyebabkan mahasiswa aktif mencari sumber-sumber belajar. Kelemahan implementasi BLPP pada umumnya tidak ada.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
T000032S | Available |
No other version available