The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh pendekatan saintifik dan kemampuan bernalar terhadap keterampilan menulis karangan Argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Text

Pengaruh pendekatan saintifik dan kemampuan bernalar terhadap keterampilan menulis karangan Argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Rahma Peprina - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan kemampuan bernalar terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas X.B, kelas eksperimen dan X.E, kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 21 dan dianalisis dengan uji-t dan anova. Berdasarkan hasil penelitian ini, pengujian hipotesis pertama terdapat perbedaan antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik dan pendekatan konvensional. Hal ini ditujukkan oleh perolehan thitung sebesar 5,577 dan ttabel (df 52) sebesar 1,675. Nilai thitung (5,577) > ttabel (1,675) Ho ditolak, terdapat perbedaan yang signifikan. Selanjutnya hipotesis kedua, kemampuan bernalar terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi, memiliki perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Ini terlihat dari nilai diperoleh thitung sebesar 2,566 dan ttabel (df 50) sebesar 1,676. Nilai thitung (2,566) > ttabel (1,676) Ho ditolak, terdapat perbedaan yang signifikan. Pada hipotesis terakhir, diperoleh bahwa penerapan pendekatan saintifik dan kemampuan bernalar siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji anova yang menunjukan fhitung adalah sebesar 73,120 dan ftabel sebesar 3,47 untuk taraf kesalahan 5% dan 5,78 untuk taraf kesalaha 1%. Dengan begitu Ho ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dan kemampuan bernalar memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
xv, 74 hlm. : ilus.
Call Number
411.07 Rah p 2016
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
411.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pendekatan saintifik
kemampuan bernalar
menulis argumentas
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search