Text
Kualitas pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Kantor Camat Sukamerindu Kabupaten Lahat. Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Sukamerindu Kabupaten Lahat pada Bulan Mei-September 2015.
Penelitian ini menggunakan metode Servqual yang merupakan suatu instrument untuk melakukan pengukuran kualitas pelayanan jasa. Pengukuran kualitas pelayanan dalam metode Servqual ini berdasarkan lima dimensi jasa yaitu tangibles (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness(respon/tanggapan), Assurance(jaminan) dan Emphaty(empati).
Dalam penelitian ini akan diukur gap 5 yaitu kesenjangan antara persepsi yang dialami dan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan angket kuesioner dengan 17 pernyataan yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pada pelayanan KTP dan KK di Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat. Setelah itu dihasilkan kualitas pelayanan KTP dengan range nilai gap -0.57 sampai dengan 0.3 dan pelayanan KK -1.48 sampai dengan 0.06 yang menunjukkan bahwa masyarakat belum puas terhadap kualitas pelayanan KTP dan KK di Kantor Camat Sukamerindu Kabupaten Lahat.
Penelitian ini memberikan beberapa saran yang perlu dilakukan oleh pihak Kantor Camat Sukamerindu Kabupaten Lahat yaitu meningkatkan pelayanan dari segi : kenyamanan tempat, kemudahan proses pelayanan, keahlian petugas, pelayanan dengan cepat, tepat, cermat dan tidak diskriminatif, petugas memberikan jaminan tepat waktu untuk pelayanan.
No copy data
No other version available