Text
Penyusunan Timetable pada BRT Transmusi Menggunakan Metode Branch and Bound
Permasalahan timetable angkutan umum merupakan permasalahan dalam menjadwalkan waktu keberangkatan yang optimal sehingga dapat meminimumkan kepadatan penumpang. Masalah timetable merupakan masalah pemrograman bilangan bulat, sehingga dapat diselesaikan dengan menggunakan Metode Branch and Bound. Penelitian ini menggunakan data sekunder BRT Transmusi Kota Palembang pada bulan Juli 2016 berupa data rute perjalanan dari terminal Sako – Pasar Gubah dan sebaliknya, daftar waktu keberangkatan kedua rute, jumlah armada bus yang beroperasi, dan data primer jumlah penumpang serta lama perjalanan yang ditempuh. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Metode Branch and Bound diperoleh jumlah total minimum penumpang untuk kedua rute sebanyak 145 penumpang dengan kendaraan yang beroperasi selama 2 jam sebanyak 10 armada bus. Berdasarkan timetable yang diperoleh, maka pada periode 1, bus yang dibutuhkan untuk keberangkatan dari rute Sako – Pasar Gubah adalah sebanyak 5 armada bus dengan headway selama 12 menit, sedangkan untuk keberangkatan dari rute Pasar Gubah – Sako adalah sebanyak 6 armada bus dengan headway selama 10 menit. Pada periode 2, bus yang dibutuhkan untuk keberangkatan dari rute Sako – Pasar Gubah adalah sebanyak 6 armada bus dengan headway selama 10 menit, sedangkan untuk keberangkatan dari rute Pasar Gubah – Sako adalah sebanyak 5 armada bus dengan headway selama 12 menit.
No copy data
No other version available