Text
Pengaruh model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 43 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 43 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true-experimental design dengan jenis penelitian pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas IV C SD berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B berjumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihanganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diujidengan uji t diperoleh thitung = 4,69 sedangkan dari tabel distribusi t diperolehttabel = 1,68 sehingga terlihat bahwa thitung> ttabel. Hal ini didukung oleh perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu x1 = 81,6 > x2= 59,52. Oleh karena itu, Ho ditolak danHa diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 43 Palembang
No copy data
No other version available