Text
Pengembangan Bahan Ajar Cetak Termodinamika Berbasis Multirepresentasi untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika
Telah berhasil dikembangkan bahan ajar cetak mata kuliah termodinamika berbasis multirepresentasi untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi dengan menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-toone evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rata-rata penilaian para ahli sebesar 3,9 dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar sebesar 88,14% dengan kriteria sangat praktis dan pada tahap small group evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar sebesar 84,19% tergolong kriteria praktis. Hasil data ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong valid dan praktis, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar cetak mata kuliah termodinamika yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan.
No copy data
No other version available