Text
Pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri 11 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 11 Indralaya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SDN 11 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Non equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas III-B berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III-A berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t pooled varian yang sebelumnya telah teruji normalitas dan homogenitas datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,31, sedangkan pada kelas kontrol adalah 59,69. Setelah dilakukan interpolasi untuk dk= 45 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh t hitung sebesar 3,811. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,811 > 2,012 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 11 Indralaya pada mata pelajaran matematika.
No copy data
No other version available