The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri 11 Indralaya

Text

Pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri 11 Indralaya

Seftyani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 11 Indralaya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SDN 11 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Non equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas III-B berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III-A berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t pooled varian yang sebelumnya telah teruji normalitas dan homogenitas datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,31, sedangkan pada kelas kontrol adalah 59,69. Setelah dilakukan interpolasi untuk dk= 45 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh t hitung sebesar 3,811. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,811 > 2,012 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 11 Indralaya pada mata pelajaran matematika.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2017
Collation
xiv, 47 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pembelajaran Matematika
Alat peraga blok pecahan
hasil belajar.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search