Text
Rancang bangun sistem customer relationship management (crm) dengan menggunakan crm-iris methodology pada PT. Laras Astra Kartika Palembang
PT. Laras Astra Kartika Merupakan perusahaan yang bergerak pada
bidang penjualan minyak kelapa sawit. Proses pelayanan pelanggan di perusahaan
ini telah berjalan dengan baik dengan sistem yang ada, tetapi belum mencakup
keseluruhan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti profil setiap
pelanggan, belum tersedianya waktu untuk mendengarkan kebutuhan pelanggan
termasuk ketidakpuasan pelanggan terhadap produk ataupun pelayanan
perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi customer relationship
management yang dapat digunakan untuk membantu dalam proses pelayanan
pelanggan dan kepuasan pelanggan dengan menggunakan kuesioner, polling serta
penyampaian kritik dan saran. Pengembangan aplikasi ini menggunakan CRMIRIS methodology, menggunakan tahapan CRM retain yang digunakan
perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan komponen CRM yang dipakai
yaitu analytical CRM yang datanya berasal dari operasional dalam bentuk
kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dibuatlah
aplikasi CRM yang dapat digunakan perusahaan agar lebih mudah, lebih cepat
dan lebih efisien dalam kegiatan operasional, memberikan dan meningkatkan
pelayanan kepada pelanggan PT. Laras Astra Kartika serta meningkatnya kualitas
perusahaan karena meningkat pula cara memberikan pelayanan kepada pelanggan
yang sudah terkomputerisasi.
No copy data
No other version available