Text
Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam Pencetakan KTP-El di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan dalam Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Latar belakang penelitian ini adalah masih lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pencetakan KTP-el khusunya di Kota Prabumulih.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori TR. Mitchell yang menilai kinerja pegawai dari lima aspek, yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ASN Disdukcapil belum memenuhi semua aspek dari TR. Mitchell, karena masih ada hambatan pada aspek ketepatan waktu. Hal ini disebabkan ketersediaan blangko yang masih kurang dan waktu proses verifikasi data oleh pusat yang relatif lama. Dalam aspek kualitas kerja, ASN sudah memahami tupoksinya dan hasil kerja yang didapat sudah sesuai dengan ketentuan. Dari aspek inisiatif telah dilakukan ASN ketika blangko habis, mereka berinisiatif menerbitkan surat keterangan (Suket). Pada aspek kemampuan, terlihat bahwa ASN sudah terampil dalam pengoperasian mesin pencetakan. Pada aspek komunikasi terlihat bahwa ASN sudah dapat memberikan penjelasan kepada pengguna jasa sehingga pengguna jasa memahami permasalahan dalam pencetakan KTP-el.
Penelitian ini menyarankan kepada pemerintah untuk lebih berkomitmen dalam menyediakan blangko KTP-el tepat waktu dan meningkatkan kecepatan dalam memverifikasi KTP-el yang akan diterbitkan sehingga ada jaminan ketepatan waktu dalam pelayanan KTP-el.
No copy data
No other version available