Text
Penerapan metode discrete-event simulation untuk peningkatan pelayanan nasabah Bank Mandiri cabang Pendopo
Kebutuhan pelanggan akan layanan perbankan prima menuntut Bank untuk
meningkatkan kualitas pelayanan agar terciptanya nilai setia pelanggan dan
peningkatan kepuasan mereka. Meningkatkan pelayanan nasabah tersebut
berdasarkan permintaan efisien waktu dalam menyelesaikan transaksi pelayanan
nasabah yang terkait dengan sistem antrian di mana kecepatan layanan teller dan
jumlah surat yang bertanggung jawab disertakan. Antrian terjadi karena pelayanan
kepada pelanggan yang bertabrakan dengan fasilitas layanan yang membatasi
teller telah diberikan. Minat masyarakat dari produk perbankan yang Bank
Mandiri Cabang Pendopo tawarkan sangat tinggi, sehingga pelayanan yang baik
dan memuaskan bagi pelanggan diperlukan. Dalam Tugas Akhir ini dilakukan
simulasi menggunakan metode discrete-event terhadap pelayanan nasabah Bank
Mandiri Cabang Pendopo yang hasilnya outputnya menggambarkan karakteristik
dan perilaku sistem yang diamati, yaitu memberikan informasi mengenai rata-rata
waktu pelayanan nasabah dan rata-rata waktu pelayanan nasabah dalam satuan
waktu tertentu. Hasil penelitian dari penerapan metode ini adalah aplikasi simulasi
yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengevaluasi sistem
pelayanan nasabah yang sedang berjalan. Hasil pengujian sistem menyatakan
bahwa sistem yang dikembangkan dapat memprediksi penambahan jumlah teller
ketika jumlah teller yang sudah disediakan utilitas server tidak terpenuhi.
No copy data
No other version available