Text
Analisis potensi dan pengembangan sektor pariwisata kota Pagar Alam
Analisis dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasi fasilitas dan harga terhadap minat wisatawan mengunjungi objek wisata dan untuk menganalisis upaya pengembangan sektor pariwisata terhadap objek wisata yang lebih banyak diminati oleh wisatawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder meliputi data Produk Domestik Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan tahun 2010-2014 provinsi Sumatera Selatan dan Kota Pagar Alam, sedagkan data primer meliputi kuesioner wisatawan. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui potensi pariwisata kota Pagar Alam adalah analisis Location Quetient dan analisis Tipologi Klassen. Sedangkan alat analisis untuk mengetahui pengaruh lokasi fasilitas dan harga terhadap minat wisatawan mengunjungi objek wisata adalah anaisis Regresi Berganda. Berdasarkan analisis Location Quetient bahwa sektor pariwisata memiliki nilai LQ>1 yang artinya sektor pariwisata merupakan sektor basis, sedangkan pada analisis Tipologi Klassen bahwa sektor pariwisata berada pada kuadran pertama yang artinya sektor pariwisata merupakan sektor maju dan bertumbuh pesat. Pada analisis regresi berganda bahwa lokasi fasilitas dan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat wistawan mengunjungi objek wisata. Sementara untuk upaya pengembangan objek wisata yang lebih banyak diminati oleh wisatawan yaitu dengan menambahkan fasilitas yang menjadi kebutuhan wisatawan dan promosi untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kota Pagar Alam
No copy data
No other version available