Text
Pengembangan sistem customer relationship management (crm) menggunakan metode crm-iris pada Pt. Dewa Patria Palembang
Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang berfokus pada
pelanggan yang secara dinamis mengintegrasikan penjualan, pemasaran dan layanan
pelanggan dalam rangka menciptakan dan menambah nilai bagi perusahaan dan
pelanggannya. PT. Dewa Patria Palembang merupakan perusahaan yang bergerak
pada bidang penyeweaanalatberat. Proses pelayanan kepada pelanggan pada saat ini
telah berjalan dengan baik dengan sistem yang ada tapi belum mencakup keseluruhan
informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan misalnya profil setiap pelanggan, belum
tersedianya waktu untuk mendengarkankebutuhan pelanggan termasuk ketidakpuasan
pelanggan terhadap produk ataupun pelayanan perusahaan. Oleh karena itu,
diperlukan Aplikasi Customer Relationship Management yang dapat digunakan untuk
membantu dalam proses pelayanan pelanggan misalnya untuk memaksimalkan
pengelolaan data pelanggan, pengelolaan kepuasan pelanggan dengan menggunakan
kuesioner dan polling serta penyampaian kritik dan saran sehingga dengan adanya
Aplikasi CRM perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk
mendapatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Pengembangan aplikasi ini
menggunakan CRM-Iris Methodology. Metode ini mendefinisikan strategi pelanggan,
re-engineering proses bisnis yang berorientasi pelanggan, manajemen sumber daya
manusia, sistem komputer, manajemen perubahan dan perbaikan terus-menerus.
No copy data
No other version available