Text
Perbandingan pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture dengan word square terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Inderalaya Utara
Penelitian ini berjudul “Perbandingan pengaruh model pembelajaran kooperatif Picture And Picture dengan Word Square terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Inderalaya Utara “. Adapun rumusan masalahnya yaitu terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture dengan word square terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Inderalaya Utara. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang menggunakan desain Compeletely Randomized Design, dengan bentuk pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling , Sehingga teknik penarikan sampelnya terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen 2, yang masing – masing berjumlah 28 untuk kelas ekperimen 1 dan 27 untuk kelas ekperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu anova satu jalan yang diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel atau (159,13 > 4,02 ) Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima hal ini berarti ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture dengan word square terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Inderalaya Utara. Kendala dalam penelitian dikelas eksperimen 1 adalah peserta didik kesulitan untuk mempelajari materi yang diberikan oleh peneliti dan ada beberapa peserta didik yang tidak aktif dalam menyusun sekaligus menjelaskan gambar secara berurutan walaupun sudah dibagi dalam beberapa kelompok, dan kendala dalam penelitian dikelas eksperimen 2 adalah ada beberapa peserta didik yang tidak aktif dalam pembelajaran kelompok. Disarankan Untuk peneliti yang ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture. mempersiapkan materi bahan ajar dan mendampingi peserta didik dalam mengurutkan gambar dan yang kooperatif word square hendaknya mempersiapkan materi bahan ajar dan mendampingi peserta didik dalam mengarsir huruf atau angka didalam kotak kata secara bergiliran
No copy data
No other version available