Text
Penerapan metode market basket analysis untuk mengetahui pola pembelian pada papcase berbasis e-commerce
PAPCASE adalah suatu merek asal Indonesia yang menjual aksesoris dan
perlengkapan gadget. Dengan banyaknya pembelian produk dari seluruh penjuru
nusantara serta media penjualan yang kurang mendukung PAPCASE mengalami
kesulitan menangani proses penjualan. Sistem customer profiles dapat
menampilkan produk yang berhubungan sesuai dengan pola pembelian pelanggan
dan digunakan sebagai usaha untuk meningkatkan pelayanan demi kepuasan
pelanggan dan peningkatan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode
Market Basket Analysis dan metode FAST sebagai metode pengembangan sistem.
Market Basket Analysis adalah metode yang menentukan produk-produk yang
sering dibeli secara bersamaan. Proses Market Basket Analysis ini adalah dengan
menentukan asosiasi antar produk berbeda yang diletakkan pelanggan dalam
keranjang belanja. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website berbasis ecommerce yang menghasilkan dasbor analisa keranjang belanja untuk membantu
pihak manajemen mengatur katalog produk. Pengembangan sistem customer
profiles ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan
serta membantu manajemen mengatur strategi pemasaran.
No copy data
No other version available