Text
Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V c SD Negeri 147 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VC SD Negeri 147 Palembang pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model mind mapping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 3 siklus. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VC yang berjumlah 31 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian mengalami peningkatan pada Siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 64,51% dengan nilai rata-rata 63,58. Pada Siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 74,19% dengan nilai rata-rata 70,45. Pada Siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 83,87% dengan nilai rata-rata 78,80. Hasil keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase keaktifan siswa dalam belajar mencapai 62,09% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 65,92% (baik), dan pada siklus III mengalami peningakatan menjadi 84,07% (sangat baik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dan aktivitas siswa.
No copy data
No other version available