Text
Studi eksperimental pengaruh variasi air fuel ratio terhadap pelepasan panas dan suhu gas hasil pada proses pembakaran lpg
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi air fuel ratio terhadap
pelepasan panas dan suhu gas hasil pada proses pembakaran LPG. Variasi air fuel
ratio yang digunakan adalah pada kondisi stoikiometri, excess air 10%, excess air
20%, excess air 30% dan excess air 40%. Proses pembakaran dilakukan dengan
alat Combustion Laboratory Unit C941 dengan laju alir air pendingin sebesar 0,27
kg/det.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa air fuel ratio mempengaruhi panas yang
dilepaskan selama proses pembakaran dan juga berpengaruh terhadap suhu gas
buang serta efisiensi burner. Nilai tertinggi untuk masing-masing tinjauan
diperoleh pada kondisi air fuel ratio stoikiometri yaitu sebesar 33,858 kJ/det
untuk kalor (Q), 450°C untuk suhu gas buang dan 0,972 untuk efisiensi (η) burner
No copy data
No other version available