Text
Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran fisika kelas XI SMA YKPP Pendopo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep siswa dan mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran fisika kelas XI SMA YKPP Pendopo. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa kelas XI SMA YKPP Pendopo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui profil hasil belajar siswa dan observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 31,2 dan posttest 51,62 dengan peningkatan hasil belajar (gain) rata-rata sebesar 21,42 dan gain ternormalisasi sebesar 0,31 yang berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Sedangkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 77,28%. Hal ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ini terlaksana dengan baik.
No copy data
No other version available