Text
Pengaruh penambahan potongan kantong plastik dan bitumen cold mix terhadap perubahan nilai cbr pada tanah lempung
Perkembangan infrastruktur di Indonesia semakin meningkat. Hal ini ditandai
dengan adanya pembangunan gedung serta jalan raya. Dalam pembangunan suatu
jalan, tanah dasar merupakan bagian yang sangat penting, karena tanah dasar akan
mendukung seluruh beban lalu lintas atau beban konstruksi di atasnya. Pada daerah
Inderalaya tepatnya di dalam lingkungan sekitar Universitas sriwijaya kemungkinan
akan dibuat jalan alternatif untuk bisa sampai ke arah pasar Inderalaya, akan tetapi
tanah dasarnya berupa tanah lempung. Jika tanah dasar yang ada berupa tanah
lempung yang mempunyai daya dukung rendah, maka jalan tersebut akan sering
mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh kondisi tanah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode eksperimental atau
penelitian dengan pengujian laboratorium yang dilakukan di Laboratorium Mekanika
Tanah, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya. Penelitian
dimulai dengan mencari literatur dari sumber yang jelas guna menjadi acuan dalam
membahas masalah dalam penelitian ini. Selanjutnya dilakukan pekerjaan lapangan,
pekerjaan persiapan, pengujian laboratorium, pembuatan benda uji, dan pengujian
benda uji.
Hasil dari pengujian soil properties menunjukkan tanah yang berada di sekitar
perkebunan sawit lingkungan Universitas Sriwijaya Inderalaya tergolong tanah
lempung dan nilai CBR tanah aslinya sebesar 4.18%. Nilai CBR yang paling besar
terdapat pada variasi campuran 1% kantong plastik + 2% bitumen yaitu 7.33%, dan
nilai CBR yang paling kecil terdapat pada variasi campuran 1% kantong plastik + 3%
bitumen yaitu 3.44%. Dari hasil penelitian persentase perubahan nilai CBR terbesar
adalah 1% kantong plastik + 2% bitumen sebesar 75.36%. Sedangkan persentase
perubahan nilai CBR terkecil adalah 1% kantong plastik + 3% bitumen sebesar -
17.70%. Tanda minus (-) menunjukkan bahwa nilainya mengalami penurunan jika
dibandingkan dengan kondisi tanah tanpa bahan campuran. Nilai DDT dari semua
variasi campuran yang terbesar adalah 5.42 dan dapat digunakan sebagai tanah dasar
pada pembangunan jalan.
No copy data
No other version available