Text
Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada sub pokok bahasan getaran untuk SMA kelas XI
Penelitan ini bertujuan menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada
sub pokok bahasan getaran untuk SMA kelas XI yang valid dan praktis, sehingga
layak digunakan saat pembelajaran di sekolah. Penelitian pengembangan ini
menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu
tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi,
penelitian ini mengadaptasi evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self
evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation.
Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket
tanggapan siswa. Berdasarkan hasil expert review dari tiga aspek berupa isi
(content), kebahasaan, dan desain diperoleh persentase rerata total penilaian
validator sebesar 83,1% dengan kategori sangat valid. Hasil one-to-one evaluation
diperoleh persentase rerata total penilaian angket tanggapan siswa terhadap
penggunaan LKS sebesar 88,6% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap
small group evaluation diperoleh persentase rerata sebesar 87,3% dengan kategori
sangat praktis
No copy data
No other version available