The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh pembelajaran fisika dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya

Text

Pengaruh pembelajaran fisika dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya

Erwin Pratama - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan model Problem Based Learning yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; dan 3) tahap akhir. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan adalah analisis soal tes, analisis data observasi, analisis data tes yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan dan uji hipotesis. Hasil rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 30 dan kelas kontrol adalah 20. Kemudian hasil post-test penelitian siswa kelas eksperimen adalah 80 dan rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Terlihat bahwa rata-rata nilai post-test yang dicapai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kemudian hasil observasi dengan persentase rata-rata keterlaksanaannya sebesar 91 %. Selain itu, pada penerapan model problem based learning ini juga menunjukkan aktivitas belajar siswa yang sangat aktif dengan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 70 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2017
Collation
xv, 36 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Problem Based Learning
Fluida
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search