Text
Pengaruh pembelajaran fisika dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan model Problem Based Learning yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; dan 3) tahap akhir. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan adalah analisis soal tes, analisis data observasi, analisis data tes yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan dan uji hipotesis. Hasil rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 30 dan kelas kontrol adalah 20. Kemudian hasil post-test penelitian siswa kelas eksperimen adalah 80 dan rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Terlihat bahwa rata-rata nilai post-test yang dicapai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kemudian hasil observasi dengan persentase rata-rata keterlaksanaannya sebesar 91 %. Selain itu, pada penerapan model problem based learning ini juga menunjukkan aktivitas belajar siswa yang sangat aktif dengan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 70 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika.
No copy data
No other version available