The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Palembang Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi

Text

Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Palembang Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi

Febrianto Putra - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA pada materi hukum Newton tentang gravitasi di SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pre-eksperimental. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif.. Desain penelitian yang digunakan adalah One group pretest posttest design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yakni variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober di semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 10 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 di SMA Negeri 10 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dengan bentuk instrument yang digunakan berupa soal esay pretest dan posttest. Dari hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest siswa sebesar 26,48 dan nilai posttest siswa sebesar 81,17. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dilihat dari gain ternormalisasi dengan nilai 0,75 termasuk dalam kategori high-g. Teknik analisa data menggunakan statistik parametrik, uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Data terdistribusi normal dikarenakan dengan nilai sebesar 4,2 dan sebesar 11,07. Data hasil menunjukkan bahwa Dengan demikian Tolak terima , Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA pada materi hukum Newton tentang gravitasi di SMA Negeri 10 Palembang.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2017
Collation
ix, 71 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil Belajar Siswa
Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search