Text
Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Palembang Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA pada materi hukum Newton tentang gravitasi di SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pre-eksperimental. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif.. Desain penelitian yang digunakan adalah One group pretest posttest design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yakni variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober di semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 10 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 di SMA Negeri 10 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dengan bentuk instrument yang digunakan berupa soal esay pretest dan posttest. Dari hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest siswa sebesar 26,48 dan nilai posttest siswa sebesar 81,17. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dilihat dari gain ternormalisasi dengan nilai 0,75 termasuk dalam kategori high-g. Teknik analisa data menggunakan statistik parametrik, uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Data terdistribusi normal dikarenakan dengan nilai sebesar 4,2 dan sebesar 11,07. Data hasil menunjukkan bahwa Dengan demikian Tolak terima , Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA pada materi hukum Newton tentang gravitasi di SMA Negeri 10 Palembang.
No copy data
No other version available