The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Rancang bangun perangkat lunak  untuk memprediksi customer churn  dengan pendekatan data mining  menggunakan algoritma c4.5 decision tree  (studi kasus : PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) Ceria cabang Palembang)

Text

Rancang bangun perangkat lunak untuk memprediksi customer churn dengan pendekatan data mining menggunakan algoritma c4.5 decision tree (studi kasus : PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) Ceria cabang Palembang)

Djodi Ramadhan - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Industri telekomunikasi merupakan salah satu industri yang berkembang pesat dan mengalami transformasi radikal. Salah satu sektor telekomunikasi yang mengalami transformasi tersebut adalah saluran telepon. PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) Ceria merupakan salah satu provider telekomunikasi resmi di Indonesia yang menyediakan produk business solution untuk menghemat biaya saluran telepon. Dampak dari kebutuhan masyarakat akan saluran telepon, pada dasarnya juga disertai dengan munculnya berbagai macam produk dari provider saluran telepon. Ketatnya persaingan antar provider tersebut merupakan salah satu faktor terjadinya churn. Dalam upaya pencegahan, PT STI Ceria dapat mengantisipasi churn dengan berbagai metode. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu pemodelan prediksi dengan pendekatan data mining menggunakan algoritma C4.5 Decision Tree, agar PT STI Ceria dapat memperoleh knowledge mengenai pelanggan yang berpotensi churn. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan framework Codeigniter. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa atribut yang berpengaruh dalam menentukan customer churn dapat berupa line active, daily usage, total billing, serta abonnement pada setiap pelanggan.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Palembang : Fak. Ilmu Komputer., 2016
Collation
xvi, 106 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Data mining
Decision Tree
prediksi customer churn
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search