Text
Rancang bangun perangkat lunak untuk memprediksi customer churn dengan pendekatan data mining menggunakan algoritma c4.5 decision tree (studi kasus : PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) Ceria cabang Palembang)
Industri telekomunikasi merupakan salah satu industri yang berkembang pesat dan mengalami transformasi radikal. Salah satu sektor telekomunikasi yang mengalami transformasi tersebut adalah saluran telepon. PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) Ceria merupakan salah satu provider telekomunikasi resmi di Indonesia yang menyediakan produk business solution untuk menghemat biaya saluran telepon. Dampak dari kebutuhan masyarakat akan saluran telepon, pada dasarnya juga disertai dengan munculnya berbagai macam produk dari provider saluran telepon. Ketatnya persaingan antar provider tersebut merupakan salah satu faktor terjadinya churn. Dalam upaya pencegahan, PT STI Ceria dapat mengantisipasi churn dengan berbagai metode. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu pemodelan prediksi dengan pendekatan data mining menggunakan algoritma C4.5 Decision Tree, agar PT STI Ceria dapat memperoleh knowledge mengenai pelanggan yang berpotensi churn. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan framework Codeigniter. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa atribut yang berpengaruh dalam menentukan customer churn dapat berupa line active, daily usage, total billing, serta abonnement pada setiap pelanggan.
No copy data
No other version available