Text
Peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media dadu anak kelompok b di TK Islam Al Ittifaqiah Indralaya
Penelitian ini berjudul Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Media Dadu kelompok B di TK Islam Al Ittifaqiah Indralaya. Bertujuan Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di TK Islam Al Ittifaqiah Indralaya. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 10 anak terdiri dari 6 perempuan dan 4 laki-laki. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 3 kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil analisis data pada setiap siklus berturut-turut menunjukkan peningkatan dari data pra siklus ke siklus I, siklus I ke siklus II. Terbukti dari hasil persentase rata-rata pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pra siklus ada 1 anak (10%) kriteria belum berkembang (BB), 6 anak (60%) kriteria mulai berkembang (MB), 2 anak (20%) kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) 1 anak kriteria berkembang Sangat baik (BSB). Pada siklus 1 tidak ada anak (0%) yang belum berkembang (BB), 6 anak (60%) kriteria mulai berkembang (MB), 3 anak (30%) kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), 1 anak (10%) kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus ke II tidak ada anak (0%) yang belum berkembang (BB), tidak ada anak (0%) kriteria mulai berkembang (MB), 6 anak (60%) kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), 4 anak (40%) kriteria berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil persentase dapat disimpulkan bahwa menggunakan media dadu mampu meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di TK Islam Al Ittifaqiah Indralaya
No copy data
No other version available