The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Strategi Episodic Mapping terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang

Text

Pengaruh Strategi Episodic Mapping terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang

Idandi Meika Jovanka - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Episodic Mapping terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan strategi Episodic Mapping, dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan strategi pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 54,05 meningkat sebesar 19,38 menjadi 73,43 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 57,05 meningkat sebesar 6,55 menjadi 63,60 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 7,668>1,991 dengan df = 78 pada tingkat keberhasilan 95% (=0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang diajar menggunakan strategi Episodic Mapping dengan siswa yang diajar menggunakan strategi konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Episodic Mapping berpengaruh dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. sekolah.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2017
Collation
xiv, 71 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pengaruh, strategi Episodic Mapping
menulis naskah drama
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search