Text
Pengaruh Strategi Episodic Mapping terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Episodic Mapping terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan strategi Episodic Mapping, dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan strategi pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 54,05 meningkat sebesar 19,38 menjadi 73,43 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 57,05 meningkat sebesar 6,55 menjadi 63,60 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 7,668>1,991 dengan df = 78 pada tingkat keberhasilan 95% (=0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang diajar menggunakan strategi Episodic Mapping dengan siswa yang diajar menggunakan strategi konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Episodic Mapping berpengaruh dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. sekolah.
No copy data
No other version available