Text
Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe tgt terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Inderalaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning tipe (TGT) terhadap hasil belajar siswa yaitu prestasi belajar pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan One-Group Pretest- Posttest design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas XI IPA2 yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Proses pembelajaran di kelas XI IPA2 mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan materi gerak planet dalam sistem tata surya. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal pre-test dan 20 soal post-test untuk melihat hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan (????) = 0,05, di dapat thitung 6,975 dan ttabel 2,06 terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Inderalaya Utara.
No copy data
No other version available