Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 16 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran kimia kelas XI IPA 1 SMAN 16 Palembang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw agar hasil belajar siswa meningkat. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pada akhir siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 40,39 dengan ketuntasan belajar sebesar 2,63%. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (T1) adalah 45,74 dengan ketuntasan belajar sebesar 10,53%. Pada siklus II (T2), rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,63 dengan ketuntasan belajar sebesar 63,16%. Peningkatan ini terjadi karena guru membantu dan membimbing siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan pada siklus III (T3) terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 83,01 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,49%. Hal ini terjadi karena guru lebih membimbing siswa secara menyeluruh pada saat diskusi dalam kelompok ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
No copy data
No other version available