The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Strategi Pembelajaran Stem PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematic Problem Based Learning) pada materi termokimia di kelas XI SMAN 19 Palembang

Text

Pengembangan Strategi Pembelajaran Stem PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematic Problem Based Learning) pada materi termokimia di kelas XI SMAN 19 Palembang

Dewi Febrianti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan strategi pembelajaran kimia pada materi termokimia dengan STEM Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan dievaluasi dengan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Pada tahap expert review validasi menggunakan masing-masing 2 pakar yakni ahli desain dan ahli pedagogik. Hasil tahap expert review melalui kesepakatan kappa diperoleh skor akhir validasi pedagogik memiliki nilai sebesar 0,64 (baik) dan validasi desain melalui kesepakatan kappa diperoleh skor 1 (sangat baik) dengan skor akhir rata-rata kevalidan sebesar 0,82 (sangat baik). Kepraktisan strategi pembelajaran dilakukan dikelas XI SMA N 19 Palembang. Skor kepraktisan one to one sebesar 4,46 dengan kategori sangat praktis. Skor kepraktisan small group sebesara 4,4 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan ditunjukan oleh hasil ujicoba lapangan dari kelas ujicoba dan kelas biasa. Hasil nilai rata-rata kelas ujicoba 85,75 (keefektifan tinggi ) lebih besar dibandingkan kelas biasa 76,26. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi kriteria yang valid, praktis dan efektif. Disarankan strategi pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternative guru sebagai langkah untuk mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2017
Collation
xiii, 48 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Termokimia
Strategi Pembelajaran
STEM Problem Based Learning
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search