Text
Penyelesaian multiple constraints knapsack problem (mckp) dengan menggunakan metode branch and bound dan algoritma greedy
Permasalahan Multiple Constraints Knapsack Problem (MCKP) termasuk
permasalahan knapsack yang item-itemnya memiliki lebih dari satu batasan kendala.
Pemilihan item berdasarkan pada kombinasi item yang akan menghasilkan
keuntungan maksimal tetapi tetap memperhitungkan kapasitas sumber. Berdasarkan
penelitian Prasetyowati & Wicaksana (2013), masalah pemilihan media promosi di
UMN sangat penting untuk menarik minat audiens dengan batasan biaya, waktu, dan
pekerja. Penelitian tersebut menggunakan dynamic programming. Selanjutnya pada
penelitian ini, penentuan media promosi tersebut dilakukan dengan menggunakan
metode Branch and Bound dan algoritma Greedy. Jumlah audiens optimal yang
didapat untuk media koran cetak dengan menggunakan metode Branch and Bound
adalah melalui media Kompas. Jumlah audiens optimal yang didapat dari algoritma
Greedy by Profit, Greedy by Weight, dan Greedy by Density secara berturut-turut
melalui media Kompas, Jawa Pos, dan Suara Merdeka. Sedangkan untuk media
promosi online dengan menggunakan metode Branch and Bound, jumlah audiens
optimal didapat melalui media Facebook dan Youtube. Jumlah audiens optimal yang
didapat dari algoritma Greedy by Profit, Greedy by Weight, dan Greedy by Density
secara berturut-turut melalui media Facebook dan Youtube, Youtube, Google dan
Facebook. Dalam hal ini, hasil yang didapat dari metode Branch and Bound dan
algoritma Greedy by Profit untuk media koran cetak sama dengan hasil dari dynamic
programming. Sedangkan untuk media online, hasil yang diperoleh dari metode
Branch and Bound dan algoritma Greedy by Density sama dengan hasil dari dynamic
programming.
No copy data
No other version available