Text
Pengembangan media layanan Klasikal berbasis Cerita Bergambar Bidang Sosial-Pribadi dengan materi Kesetiakawanan Sosial di kelas IV SD Negeri 179 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media layanan klasikal bimbingan dan konseling dengan materi kesetiakawanan sosial bidang sosial-pribadi berbasis cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, yaitu cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanankan di kelas IV SD Negeri 179 Palembang. Pengembangan cerita bergambar ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap selt evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket, observasi dan tes hasil bimbingan. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 4,42 (kategori sangat valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan cerita bergambar sebesar 80% (kategori baik). Pada ujicoba small group evaluation, rata-rata hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan cerita bergambar sebesar 94% (kategori sangat baik). Pada tahap field test, diperoleh nilai rata-rata kelas pemahaman siswa terhadap materi sebesar 95 (kategori sangat baik). Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa cerita bergambar yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid, praktis dan memiliki efek potensial, sehingga bisa digunakan sebagai media layanan klasikal.
No copy data
No other version available