The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan media layanan Klasikal berbasis Cerita Bergambar Bidang Sosial-Pribadi dengan materi Kesetiakawanan Sosial di kelas IV SD Negeri 179 Palembang

Text

Pengembangan media layanan Klasikal berbasis Cerita Bergambar Bidang Sosial-Pribadi dengan materi Kesetiakawanan Sosial di kelas IV SD Negeri 179 Palembang

Anggraini - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media layanan klasikal bimbingan dan konseling dengan materi kesetiakawanan sosial bidang sosial-pribadi berbasis cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, yaitu cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanankan di kelas IV SD Negeri 179 Palembang. Pengembangan cerita bergambar ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap selt evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket, observasi dan tes hasil bimbingan. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 4,42 (kategori sangat valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan cerita bergambar sebesar 80% (kategori baik). Pada ujicoba small group evaluation, rata-rata hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan cerita bergambar sebesar 94% (kategori sangat baik). Pada tahap field test, diperoleh nilai rata-rata kelas pemahaman siswa terhadap materi sebesar 95 (kategori sangat baik). Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa cerita bergambar yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid, praktis dan memiliki efek potensial, sehingga bisa digunakan sebagai media layanan klasikal.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.390 7 Ang p 2015
Publisher
Inderalaya : Fak.Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
x, 53 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.390 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
penelitian pengembangan
metode pengajaran
cerita bergambar
kesetiakawanan sosial
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search