Text
Berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Atas
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Atas yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan evaluasi formatif Tessmer. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Validasi materi dinyatakan valid melalui kartu bimbingan validasi sedangkan validasi media dan validasi bahasa menggunakan walkthrough, validasi media termasuk kategori valid dengan rata-rata 3,6 dan validasi bahasa termasuk kategori sangat valid dengan rata-rata 4,7. Untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one-to-one dengan rata-rata 4,4 termasuk kategori sangat praktis dan tahap small group dengan rata-rata 4,7 termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap field test multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash mempunyai efek potensial untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, terbukti dengan tingkat keaktifan belajar siswa sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Atas dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
No copy data
No other version available