Text
Kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada kantor Pertanahan kabupaten Banyuasin tahun 2013
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam dan mendeskripsikan secara spesifik tentang kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin. Berdasarkan data pada kantor pertanahan Banyuasin, dapat menunjukan bagaimana kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Banyuasin agar tercipta pelayanan prima. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori kuaitas pelayanan dari Parasuraman, Zeithaml & Berry yang dikaitkan dengan pendekatan moment of truth (MOT) meliputi aspek kualitas pelayanan yaitu kehandalan, jaminan, bukti fisik, daya tanggap dan empati pada tahap awal, proses dan tahap akhir. Hasil analisis dan interpretasi data dari kuesioner menunjukan bahwa seluruh aspek dapat dikatakan sudah baik. Apabila dilihat dari titik pelayanan tahap awal, pada aspek kehandalan belum dirasa baik karena pegawai kurang memberikan informasi mengenai kejelasan biaya, kurangnya fasilitas dan materi yang berkaitan dengan komunikasi. Pada tahap proses, seluruh aspek dirasakan sudah baik, tapi pada aspek kehandalan dirasa masih ada penguluran waktu dari pemohon sehingga pelayanan pengukuran dilakukan diluar target. Dan pada tahap akhir, masih pada aspek kehandalan, pengerjaan sertifikat tanah sampai kepada pengumuman dan pemberian sertifikat kepada masyarakat dirasakan lama. Pada aspek yang lain seperti jaminan, bukti fisik, daya tanggap, dan empati dapat dikatakan sudah baik.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Sertifikat Tanah
No copy data
No other version available