Text
Persepsi etika profesi pada mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik Universitas Sriwijaya terhadap etika profesi akuntan. Penelitian ini menguji persepsi kedua sampel terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia yang terdiri dari delapan prinsip: tanggung jawab profesi, kepentingan publik, integritas, objektivitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan, perilaku profesional dan standar teknis. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah kuisioner disebar adalah 125 kuisioncr dan keseluruhan kuisioner dapat digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis untuk uji hipotesis menggunakan Mann U Whitney test. Alat analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik dengan nilai rata-rata akuntan pendidik 92,68 lebih besar dari nilai rata-rata mahasiswa akuntansi yaitu 88,11.
Kata Kunci : Persepsi, Akuntan Pendidik, Kode Etik IAI
No copy data
No other version available